Jenis Tanaman Hias dan Cara Merawatnya

By | Maret 22, 2021

Memiliki hunian yang asri pada bagian luar dan dalam nya bisa memberikan suasana yang damai. Hal tersebut bisa dicapai dengan berbagai macam cara. Bisa dengan memajang lukisan canting maupun melengkapi rumah dengan perabot yang diinginkan sesuai konsep rumah.

Selain mempercantik rumah dengan berbagai dekorasi menarik tadi, tahukah Anda jika rumah juga bisa dipercantik dengan meletakan beberapa tanaman hias di dalam ruangan?

Tentunya rumah akan semakin terlihat cantik dan tambah asri. Nah, berikut beberapa jenis tanaman hias dan cara merawatnya yang dapat Anda manfaatkan untuk dekorasi rumah.

1.Tanaman Ara Biola

Tanaman hias yang juga dikenal dengan nama Fiddle-Leaf Fig ini memiliki tampilan pohon yang cukup tinggi dan banyak dihiasi daun-daun hijau lebar. Hal ini membuat tanaman hias yang satu ini cukup digemari pecinta tanaman untuk menghiasi rumah dan membawa suasana asri alam bebas di dalam rumah. Perawatan untuk tanaman hias yang satu ini terbilang sangat mudah. Bahkan Anda tak perlu khawatir soal asupan sinar matahari ataupun proses penyiraman terlalu rutin. Karena tanaman hias yang satu ini tak membutuhkan air terlalu banyak. Sehingga cocok diletakan di ruang tamu, ruang kerja, ruang keluarga hingga kamar tidur.

2.Chinese Evergreen

Jika berbicara soal tanaman hias dalam ruangan, tentu banyak yang mengenal tanaman yang satu ini. Tanaman yang populer dengan sebutan sri rejeki merah ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cocok untuk indoor. Selain itu, tanaman ini juga terkenal karena minim perawatannya.

Untuk merawat tanaman hias ini agar selalu sehat dan segar, Anda cukup menyiramnya saat media tanamnya benar-benar sudah kering. Ditambah lagi, jenis tanaman hias ini juga tidak membutuhkan banyak sinar matahari sehingga tak perlu diletakan di pindah-pindah ke tempat yang lebih terang.

3. Puring atau Croton Petra

Selanjutnya, jenis tanaman hias yang mudah cara merawatnya ialah puring atau croton petra. Tanaman hias yang satu ini sangat cocok diletakan di dalam ruangan karena memiliki warna vibrant yang cukup beragam. Sehingga sangat cocok sekali digunakan untuk menghias salah satu ruangan di sudut rumah.

Perpaduan antara warna kuning, merah, dan juga jingga membuat ruangan tampak lebih hidup dan tidak kusam. Cara merawat tanaman hias indoor yang satu ini pun cukup mudah. Anda bahkan hanya perlu menyiram tanaman tersebut beberapa kali saja dalam satu minggu, asalkan media tanamnya tak terlihat sangat kering.

4. Calathea Peacock

Tanaman hias ini memiliki dedaunan hijau yang sangat rindang. Jenis tanaman hias dalam ruangan yang satu ini memiliki ciri khas pada ulir-ulir putih yang terlihat menggaris di bagian urat daunnya dan juga warna merah pada tangkainya.

Karakteristik unik tersebut yang membuat calathea peacock begitu diminati banyak orang, terutama penggemar tanaman hias. Tak hanya mampu membuat ruangan jadi terlihat lebih dekoratif, tanaman ini juga mampu membantu membersihkan sirkulasi udara di dalam ruangan dari berbagai racun maupun debu-debu yang kotor.

5. Prayer Plant

Prayer plant atau juga dikenal dengan maranta merupakan tanaman hias dengan daun berbentuk oval lebar dan berukuran cukup besar. Daun-daun tanaman tersebut akan mulai terdorong naik ketika malam hari lalu turun kembali saat hari mulai siang. Hal ini, menambahkan keunikan pada tanaman hias indoor yang satu ini.

Sejumlah peneliti menyebut jika proses daun yang naik turun daun tersebut dikenal dengan circadian rhythms. Cara merawat tanaman prayer plant tersebut tidaklah susah. Anda cukup meletakan tanaman maranta tadi di dekat area yang banyak sinar matahari-nya juga berikan kelembaban pada tanamannya supaya tidak kering.

Nah, itu tadi beberapa jenis tanaman hias dan cara merawatnya. Beberapa tanaman tersebut sangat cocok diletakan di dalam ruangan untuk menambah keasrian tempat tinggal. Selain itu juga sangat mudah dalam proses perawatannya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *