Kenali Bahan Kubah Masjid Sebelum Membangun Masjid

By | April 14, 2021

Salah satu bagian konstruksi masjid yang penting diperhatikan adalah bagian kubahnya. Bahkan kubah menjadi bagian yang mencolok yang menandai tempat beribadah umat Islam tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya memilih material yang tepat untuk merancang kubah masjid.

Ketika melihat sebuah masjid, mungkin Anda juga akan terfokus pada bagian kubahnya. Terlebih jika masjid tersebut memiliki arsitektur kubah yang unik. Adanya kubah ini menjadi sangat identik dan tidak bisa dilepas dari bangunan masjid.

Jenis Material Kubah Masjid

material kubah masjid

Sebuah kubah bisa menjadi identitas sebuah masjid. Bahkan tidak sedikit yang mengingat masjid yang dikunjunginya karena melihat bentuk dan warna kubahnya. Bagi yang sedang membangun masjid, pemilihan material kubah sangat penting diperhatikan.

Pada dasarnya, ada dua jenis material yang sering digunakan untuk kubah masjid, yaitu galvalum dan enamel. Keduanya merupakan bahan berkualitas untuk membangun arsitektur kubah. Namun, tentunya masing-masing memiliki karakteristik tersendiri.

Termasuk kelebihan dan kekurangannya yang penting untuk disimak agar Anda tidak salah memilih. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan dua jenis material kubah masjid yang biasa digunakan:

1. Galvalum

Galvalum merupakan material yang cukup populer digunakan untuk berbagai konstruksi. Nama galvalum sendiri merupakan singkatan dari bahan galvanis dan aluminium. Kombinasi kedua bahan tersebut menghasilkan material yang berkualitas untuk konstruksi yang dilakukan.

Tak terkecuali pada pembuatan kubah masjid. Tidak sedikit yang mengandalkan material ini karena dikenal kuat dan tahan lama. Tidak hanya itu, kubah yang dibuat dengan material galvalum dikenal memiliki tampilan warna yang menarik.

Proses pengecatan bisa dengan mudah dilakukan karena material ini memiliki daya rekat yang baik terhadap pigmen warna. Tak heran jika Anda bisa memilih berbagai macam warna untuk kubah masjid yang sedang dibangun.

Kelebihan Galvalum

  • Daya Rekat Cat Fleksibel
    Material yang terbuat dari seng dan aluminium ini memiliki daya rekat cat yang fleksibel. Jadi, Anda bisa memilih berbagai macam warna sesuai dengan kebutuhan. Tentunya tanpa perlu khawatir jika material ini tidak bisa diwarnai dengan baik.
  • Pilihan Cat Lebih Variatif
    Mungkin Anda menginginkan kubah masjid dengan warna yang unik. Oleh sebab itu, kubah dengan material galvanis ini bisa menjadi pilihan bisa memilih varian cat yang lebih banyak.
  • Anti Karat
    Galvalum memiliki sifat anti karat sehingga cocok untuk membuat kubah masjid yang berkualitas. Seperti yang telah diketahui, kubah merupakan bagian luar masjid yang sudah seharusnya dilindungi anti karat.
  • Tahan Berbagai Kondisi Cuaca
    Salah satu hal yang membuat material galvalum ini banyak diminati adalah ketahanannya terhadap cuaca. Terlebih jika saat itu cuaca sedang tidak menentu. Anda bisa memilih kubah berkualitas baik sebagai salah satu bentuk investasi.

Kekurangan Galvalum

  • Cenderung Cepat Panas
    Pada dasarnya, hal ini merupakan sebuah kewajaran karena sifat baja itu sendiri memang lebih menyerap panas. Namun, tentunya hal ini bisa diminimalisir ketika sedang melakukan pembangunan masjid. Pastinya ada teknik khusus yang dilakukan agar sifat cepat panas dari baja ini tidak mengganggu aktivitas beribadah.
  • Tidak Sembarang Tukang Memasang Galvalum
    Perlu diketahui bahwa pemasangan kubah dengan galvalum tidak bisa dilakukan sembarangan. Jadi, tidak semua tukang bisa melakukan pekerjaan ini. Bahkan masih sedikit yang belum familiar dengan prosedur pemasangan kubah galvalum yang tepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari penyedia tukang pemasang kubah galvalum agar hasilnya tidak mengecewakan.

2. Enamel

Bahan enamel tidak hanya banyak digunakan dalam konstruksi, melainkan juga berbagai peralatan rumah tangga yang biasa ditemui. Nah, pada dasarnya material ini memang memiliki bahan substrat tertentu. Biasanya bertipe porcelain yang dibakar pada durasi tertentu di suhu 800 derajat celcius. Sehingga harga kubah masjid enamel ini lebih mahal dari pada kubah galvalum.

Kelebihan Enamel

  • Ringan dan Tahan Gempa
    Kelebihan pertama dari material enamel ini adalah sifatnya yang lebih ringan. Tak heran juga hal ini akan mempengaruhi proses pemasangan sehingga lebih cepat dilakukan. Tidak hanya itu, material ini juga cukup tahan terhadap gempa yang terjadi.
  • Tidak Mudah Retak
    Material ini dikenal memiliki porcelain sehingga membuat kubah masjid yang dibuat tidak mudah retak. Bahkan material ini disebut-sebut bisa tahan sampai 20 tahun. Tentunya dengan lapisan warna yang bertahan lebih lama.
  • Tahan Korosi
    Salah satu pertimbangan yang penting diperhatikan sebelum memilih material kubah adalah keawetannya. Oleh karena itu, pilihlah material yang lebih tahan terhadap korosi atau pengkaratan.

Kekurangan Enamel

  • Cenderung Licin
    Bahan enamel dikenal tidak memiliki gerigi sehingga cenderung lebih licin. Bahkan pigmentasinya pun tidak lebih bagus dibanding bahan galvalum.
  • Mudah Berkarat Jika Terkelupas
    Memang pada dasarnya bahan ini bersifat anti korosi. Namun, apabila lama kelamaan terkelupas, hal ini akan membuat proses perkaratan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan yang tepat.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Kubah Masjid

pembuatan kubah masjid

Setelah mengenal material yang banyak digunakan untuk kubah masjid, mungkin Anda sudah memperkirakan ingin menggunakan yang mana. Pada dasarnya, baik galvalum maupun enamel akan memberikan kualitas yang baik untuk kubah masjid.

Namun, hal ini kembali lagi pada kebutuhan konsumen. Nah, bagi yang ingin memasang kubah masjid, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Memilih Jasa yang Kredibel

Pemilihan jasa kontraktor kubah masjid tidak bisa sembarangan. Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda perlu memilih jasa yang kredibel dan terpercaya. Dengan demikian, proses pembuatan kubah masjid bisa dilakukan dengan seksama.

2. Pastikan Pengerjaan Tepat Waktu

Pengerjaan konstruksi bangunan secara tepat waktu merupakan sebuah keharusan. Tak terkecuali ketika membangun kubah masjid sebagai bagian dari identitas rumah ibadah ini. Oleh sebab itu, pengerjaan tepat waktu dari kontraktor sangat penting agar tidak molor.

3. Dikerjakan Tenaga Profesional

Walau bagaimana pun juga, pembuatan kubah masjid membutuhkan tangan-tangan ahli di bidangnya. Jika tanpa pengalaman, bukan tidak mungkin kubah masjid yang dipesan ternyata tidak sesuai.
Oleh karena itu, Anda perlu memilih jasa kontraktor kubah masjid secara teliti. Mengingat pengerjaan kubah masjid ini memang tidak bisa sembarangan.

4. Menyediakan Harga Terjangkau

Tidak sedikit yang ragu memilih material kubah masjid berkualitas karena alasan biaya. Padahal, Anda bisa memilih jasa konstruksi yang pas agar mendapat material berkualitas dengan harga miring. Terlebih jika budget yang disediakan tidak terlalu besar, maka lebih baik cari yang harganya terjangkau.

Setelah memahami beberapa tips di atas, mungkin Anda ingin mengetahui rekomendasi kontraktor kubah masjid berkualitas. Anugerahkubah.co.id bisa menjadi solusi yang tepat karena sudah menyelesaikan berbagai proyek pembangunan kubah masjid.

Bahkan untuk berbagai desain kubah yang unik pun sudah diselesaikan. Tak heran jika jasa konstruksi yang ditawarkan begitu berkualitas dan terpercaya. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir soal harga karena jasa yang ditawarkan termasuk terjangkau.

Dengan memilih material yang tepat untuk kubah masjid, Anda bisa memberikan tampilan yang istimewa terhadap masjid yang dibangun. Tidak hanya dalam hal tampilan fisik, namun juga ketahanan konstruksi bangunan yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *