Rumus Segitiga Sembarang

By | Februari 26, 2020

Dalam ilmu matematis, ada beberapa bangun datar. Ada persegi, persegi panjang, segitiga, belah ketupat, jajar genjang, dan berbagai bentuk lainnya. Setiap bangun datar pastinya memiliki berbagai rumus untuk menentukan luas dan kelilingnya masing masing. Salah satu bangun datar yang memiliki banyak bentuk adalah segitiga. 

Segitiga adalah bangun datar yang terdiri dari 3 sisi garis lurus dengan tiga titik sudut yang berjumlah 1800. Dimulai dari tahun 300 SM, seorang ilmuan matematis, Euclid berhasil menemukan sebuah konsep bahwa jumlah ketiga sudut adalah 1800. Ini berkontribusi besar dalam konsep bangun datar sgeitiga untuk mencari panjang sisi dan panjang sudut. 

Rumus Segitiga

Rumus Segitiga

Ketika menemukan kasus segitiga yang memiliki bentuk cukup normal, maka rumus untuk menentukan luas, keliling, tinggi dan alas juga menggunakan cara standarnya. Berikut adalah rumus segitiga :

Luas (L) = ½ x a x t

Keliling (Kll) = a + b + c

Tinggi (t) = (2 x Luas) / a

Alas (a) = (2 x Luas / t

Rumus tersebut bisa anda gunakan untuk mencari hasil dari Luas, Keliling, Tinggi atau alas sebuah segitiga. Rumus ini bisa digunakan semua jensi segitiga, hanya saja ada beberapa segitiga termasuk rumus segitiga sembarang yang memiliki rumus khusus untuk memecahkan kasus soalnya. Nah alih alih segitiga memiliki banyak sekali bentuk, berikut adalah jenis-jenis segitiga berdasarkan klasifikasinya :

Berdasarkan Panjang Sisi

Berdasarkan panjang sisinya yaitu segitiga yang memiliki sis sama atau memiliki sisi yang berpola. Maka dari itu disebut memiliki persamaan dalam jenis panjang sisinya. Berikut adalah jenis jenisnya :

1. Segitiga sama Sisi

Segitiga sama Sisi

Segitiga ini memiliki ukuran atau panjang ketiga sisi yang sama. Panjang sisi yang sama ini menyebabkan segitiga ini hanya punya satu sudut sama di tempat 3 sududt berbeda yaitu sejumlah 60 derajat. 

2. Segitiga Sama Kaki 

 Segitiga Sama Kaki

Jika melihat dari namanya, segitiga ini bisa dikategorikan segitiga yang memiliki dua sisi dengan panjang yang sama. Kedua panjang sisi yang sama tersebut juga menyebabkan sudut segitiga yang sama hanya dimiliki dua sudut. 

3. Segitiga Sembarang

Segitiga Sembarang

Berbeda dari kedua segitiga di atas, segitiga ini tidak memiliki aturan panjang sisi maupun sudut. Semuanya tidak beraturan dan tidak ada ketentuan dalam perhitungannya. Ini dia yang membuatnya unik, sehingga rumus yang digunakan untuk menentukan panjang sisi, keliling, luas dan lainnya juga berbeda. Karena cara menghitungnya, sisi segitiga sembarang ini harus dibagi dua sesuai garis diagonal untuk embuat segitiga siku-siku, dan barulah dicari rumus selanjutnya. 

Segitiga Sembarang 

Segitiga Sembarang

Karena segitiga ini termasuk salah satu segitiga yang paling unik, maka cara menghitungnya juga tidak semudah seperti segitiga lainnya. Pertama-tama, anda harus memotong garis diagonal segitiga sesuai sudut hingga segitiga sembarang menjadi dua segitiga siku-siku. Kemudian, baru hitung sesuai rumus yang ada Jika anda sudah menemukannya, maka hitunglah segitiga dengan rumus manual yang sudah diberikan seperti di atas. 

Berikut adalah rumus untuk menentukan luas segitiga sembarang :

L∆ABC = ½ bc. sinA

L∆ABC = ½ ac. sin B

L∆ABC = ½ ab. sin C

Sebenarnya, rumus ini juga bisa diaplikasikan untuk segitiga beraturan, hanya saja caranya tidak sepraktis rumus seperti biasanya. Maka dari itu, rumus ini biasanya hanya digunakan untuk mencari hasil dari luas segitiga sembarang. Karena lebih mudah dan cepat untuk segitiga sembarang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *