Program Kesehatan Melalui Trias UKS

By | Februari 15, 2020

Upaya mengembangkan pengelolaan serta pelayanan terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), membutuhkan komitmen dan disiplinitas dari pihak sekolah, siswa, dan dinas pemerintahan yang terkait. Sinergi antara semua pihak diharapkan mampu berjalan selaras dan optimal. Program perencanaan pengembangan UKS adalah program kerja tang terpadu dan terencana. Dalam pelaksanaanya tidak bisa setengah jalan. Pogram gagasan 4 departemen pemerintahan ini berhubungan dengan merubah pola pikir tentang prinsip hidup sehat. Departemen yang terkait adalah Departemen Pendidikan, Departemen Kesehatan, Departemen Dalam Negri, Departemen Agama.

Korelasi UKS dengan Puskesmas

Korelasi UKS dengan Puskesmas

UKS menjadi wadah untuk memperbaharui kualitas hidup sehat dan merubah pola kebiasaan menjadi lebih sehat. Jika program tersebut berhasil diterapkan secara optimal maka dampak yang dihasilkan adalah tercipta manusia-manusia yang memiliki prespektif dan kesadaran akan kesehatan yang naik level.

UKS sendiri berkorelasi dengan badan kesehatan pemerintah lainnya, yaitu puskesmas. Puskemas memiliki tugas untuk menghimbau sekolah-sekolah di Indonesia agar mau menerapkan pola hidup sehat. Lingkungan belajar serta warga sekolah yang jauh dari kotor dan penyakit. Diyakini mampu meningkatkan prestasi belajar serta mengoptimalkan proses pedidikan di sekolah.

Trias UKS

Trias UKS

Kegiatan pelayanan kesehatan diadakan secara menyeluruh dan merata. Dalam prosesnya dibutuhkan promosi dari pihak-pihak tertentu yang mendapatkan perhatian dan kepercayaan di lingkungan sekolah. Kerja sama tersebut dianggap lebih efisien untuk dikerjakan, dari pada pihak dinas langsung mendatangi lingkungan sekolah. Terkadang siswa justru merasa segan, dan penyuluhan malah tidak tersampaikan secara maksimal. Trias UKS merupakan tiga program utama pengembangan dan pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah. Ke tiga program tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pendidikan Kesehatan

Dalam program ini dilakukan usaha mempromosikan, membujuk, memberi himbauan hingga mengedukasi masyarakat, khususnya warga sekolah terhadap memperbaiki kebiasaan hidup sehat. Program tersebut menggunakan media kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Karena kegiatan seluruh warga sekolah berkutat pada ke dua bidang tersebut. Sehingga pelaksanaan program UKS menjadi lebih efisien dan fungsional.

Pihak yang terkait dalam pengimplementasian program adalah warga sekolah yang terdi dari seluruh siswa, staff pengajar, pegawai sekolah, hingga pedagang yang berjualan di lingkungan sekolah. Warga sekolah secara bertahap diberikan wawasan yang berkaitan tentang pola hidup sehat.

  • Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan merupakan bentuk dari upaya pencegahan atau preventif penularan penyakit atau pola hidup yang tidak sehat. Cara pencegahan penularan penyakit bisa dengan memberi imunisasi, membersihkan lingkungan sekolah, menjaga kebersihan makanan dan minuman, merubah kebiasaan agar lebih higienis.

Jika situasinya harus dalam tahap penyembuhan atau kuratif, maka penanganan medis harus dikerjakan. Penanganan medis bisa berupa pemeriksaan dokter, memberi rujukan kepada puskesmas atau rumah sakit terdekat. Jika diperlukan maka akan diberikan obat medis yang harus dikonsumsi sesuai periode waktu yang telah di tentukan.

Pada proses pemulihan atau rehabilitatif, perlu diperhatikan asupan gizi sera pengetahuan bagaimana menangani proses penyembuhan. Jika mampu mengatasi proses pemulihan dengan baik maka resiko komplikasi penyakit bisa terminimalisir.

  • Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat

Pada tahap ini seluruh warga sekolah harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah secara bergotong royong. Menjaga kebersihan meliputi area : sekolah, kelas, seluruh fasilitas sekolah. Disamping itu sirkulasi udara dan cahaya harus leluasa masuk kedalam bangunan sekolah, seperti pada setiap kelas juga ruang guru. Diusahakan siswa tidak duduk terlalu berdempetan agar proses belajar tidak terhalangi.

Warga sekolah harus diedukasi tentang lingkungan sekolah yang harus bebas dari rokok, narkotika atau Napza,pornografi, kekerasan. Proses pembinaan ini diperlukan kerjasama dari semua pihak terkait. Jika program ke tiga dapat di laksanakan secara menyeluruh. Maka lingkungan sekolah akan sangat nyaman bagi warga Sekolah.

UKS Merupakan Program Lama

UKS Merupakan Program Lama

UKS sendiri bukanlah program baru dari Departemen Kesehatan. Tahun 1956 adalah awal dari UKS dimulai. Pilot Project Jakarta dan Bekasi  adalah hasil kolaborasi antara Departemen Kesehatan dengan Departemen Pendidikn dan Kebudayaan dan Departemen Dalam Negri. Program ini pada akhirnya mencapai tahap pemantapan dan pembinaan melalui surat keputusan yang dikeluarkan oleh keempat departemen kementrian Indonesia. Surat diberikan tepat pada tanggal 3 September 1980. Berikut adalah nomor surat keputusan,

  • UKS No.408a/U/1984,
  • No 3191/Menkes/SKBVI/1984,
  • No74/th/1984
  • No 61/1984

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *