Pertumbuhan Kacang Hijau [Lengkap]

By | November 19, 2019

Ada beberapa fase pertumbuhan kacang hijau hingga nantinya menghasilkan kacang hijau yang siap disantap dan diolah menjadi beragam jenis masakan yang lezat. Nah, bagi anda yang penasaran dengan fase dan pertumbuhan dari kacang hijau ini, berikut kamu sedikan tahapan dari pertumbuhan kacang hijau yang bisa anda ketahui dan pelajari.

Fase Emergence atau Perkecambahan

fase kecambah

Ini merupakan fase awal dari urutan pertumbuhan kacang hijau tersebut, dimana akan terdapat proses perkecambahan dalam beberapa hari, jika bibit ditanam dengan kondisi yang baik. Biasanya prses perkecambahan ini hanya memerlukan waktu sekitar 5 hingga 7 hari.

  • Setelah melewati batas waktu perkecambahan maka akan muncul sepasang daun trifoliate yang akan menjadi salah satu bakal untuk melangsungkan proses fotosintesis. 
  • Sebuah proses kompleks yang merupakan pertumbuhan atau metamorfosis dimana terjadi perubahan fisiologi, blogi maupun morfologi benih dari kacang hijau tersebut. 
  • Dimana pertumbuhan aktif dari kacang hijau adalah pertumbuhan yang ditandai dengan adanya perkecambahan biji. Perkecambahan sendiri adalah sebuah proses dimana biji menjadi pecah dan kemudian ada pertumbuhan tunas yang kian muncul ke permukaan. 
  • Proses perkecambahan ini sendiri adalah proses yang meliputi absorbsi air, ambibisi, absorbsi oksigen, transportasi molekul, pengaktifan enzim, pencernaan dan hidrasi jaringan dari sebagian dan keseluruhan molekul yang telah terhidrolisis menuju sumbu dari embrio pertumbuhan.

Pola Pertumbuhan

pola pertumbuhan kacang hijau

Kacang hijau memiliki pola pertumbuhan yang berupa tipe epigeal atau pola pertumbuhan tanaman yang akan mendapati pemanjangan hipkotil memanjang dan pada akhirnya akan menarik kotiledon menuju permukaan tanah. Berikut proses dari perkecambahan kacang hijau :

  • Adanya imbisi air dari kulit benih dan juga mikropil dan akan ada pertumbuhan dari akar primer yang menembus kulit benih, hingga akhirnya akan tumbuh memanjang dengan cepat dan membetuk kecambah didalam tanah.
  • Daun primer beserta plumula akan ada diantara kotiledon dan hipokoyil akan kian menguat setelah kotiledon berhasil muncul kepermukaan tanah. Dan ketika proses ini terjadi, maka daun primer akan memanjang.
  • Setelah daun primer meanjang maka kacang hijau ini akan bisa melangsungkan proses fotosintesis untuk pertumbuhannya.

Ukuran Benih

benih kacang hijau

Benih kacang hijau ini memiliki simpanan berupa protein, mineral, lemak dan karbohidrat. Dimana nantinya segala zenit zat ini adalah zat yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhannya. Ini akan menjadi cadangan nergi bagi benih atau embrio untuk melakukan proses perkecambahan. Dimana ada hipotesis bahwa ukuran benih yang lebih besar akan mengandung lebih banyak cadangan energi dan juga memiliki embrio yang lebih besar juga. 

Fase Pertumbuhan Vegetative

Pertumbuhan vegetative ini akan berlangsung semenjak pertumbuhan kecambah hingga adanya pembentukan bunga. Biasanya akan berlangsung setelah lebih kurang 6 minggu setelah adnaya penanaman benih.

Fase Berbunga

fase berbunga kacang hijau

Inji merupakan fase dimana pembentukan bunga terjadi. Penyerbukan akan terjadi setelah bunga pertama pada kacang hijau telah muncul. Dimana proses pembuahan akan dilanjutkan jika penyerbukan berhasil. Pembentukan polng adalah lanjutan dari adanya proses pembuahan. 

Fase Pembentukan Polong dan Pengisian Biji

pengisian biji kacang hijau

Seperti yang dijelaskan diatas, polong akan terbentuk jika penyerbukan berhasil. Dimana ukuran pertumbuhan dari kacang hijau akan mencapai titik tertentu dna menghasilkan polong. Selama adanya proses pembentukan polng ini juga akan disertai dengan proses pembentukan serta pengisian biji. 

Dan ketika polong telah mencapai ukuran maksimum nya maka pematangan biji akan segera terjadi. Proses pematangan biji ini sendiri akan ditandai dengan adanya perubahan warna pada polong kacang hijau tersebut. Perubahan warna ini umumnya berupa hijau ke hitam. Dan ini juga menandakan siap panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *