8 Manfaat Masker Kopi Dan Cara Membuat Yang Paling Mudah

Ada banyak manfaat masker kopi untuk kecantikan. Sehingga tak heran jika banyak wanita tertarik untuk membuat masker yang berbahan dasar alami ini. Selain bahannya mudah ditemukan, cara membuatnya juga tidak susah. Belum lagi jumlah manfaatnya yang maksimal bagi kulit wajah maupun tubuh. Tentu hal ini membuat penasaran bagi yang tergoda ingin mencobanya. Jika benar penasaran, simak saja penjelasan berikut ini.

Manfaat Masker Kopi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ada banyak manfaat menggunakan masker dari bahan dasar kopi. Terutama untuk kecantikan wajah. Sehingga tak heran banyak klinik kecantikan maupun salon-salon ternama yang menawarkan perawatan dengan memakai bahan dasar kopi. Bila tertarik ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat masker kopi untuk kulit wajah supaya lebih menawan:

  1. Mencerahkan

Sudah banyak wanita yang mengetahui rahasia yang satu ini. Kopi merupakan salah satu bahan alami yang membantu untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan berseri. Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam biji kopi, akan membuat wajah menjadi lebih merona sehat alami. Kulit menjadi lebih putih dan bersih seperti yang selalu diidam-idamkan.

  1. Menjaga Kelembapan

Kopi juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan sel-sel kulit wajah. Karena itu memakai masker kopi secara teratur akan membantu menjaga kelembapan kulit dan menghindari kulit wajah yang kering ataupun bersisik. Sehingga jika memiliki masalah dengan kulit kering yang bersisik, ada baiknya rajin menggunakan masker kopi sebagai alternatifnya.

  1. Mencegah Keriput

Anti oksidan yang tinggi pada kopi juga dapat membantu mencegah penuaan dini pada wajah. Oleh sebab itu perawatan memakai masker kopi sangat disukai para wanita untuk membantu mendapatkan wajah yang tampak lebih muda. Dengan rajin memakai masker kopi, kulit wajah akan terhindar dari keriput serta garis-garis halus. Terutama yang biasanya tampak di sudut bibir maupun ujung mata dan di dahi. Secara perlahan keriput dan garis halus akan tersamarkan dengan baik.

  1. Menghilangkan Lingkaran Hitam

Bagi yang sering begadang, tentu lingkaran hitam di mata adalah sahabat yang karib. Padahal ini sangat merusak penampilan wajah. Jika mata terlihat bengkak dan hitam, tentunya wajah terlihat kusam dan tidak segar. Namun ada solusi yang efektif, cobalah memakai masker kopi di pagi hari apabila kurang tidur. Setelah 30 menit bilas wajah dan rasakan perbedaannya. Perhatikan bahwa lingkaran mata menghilang dan bengkak di mata akibat kurang tidur dapat tersamarkan dengan sempurna.

  1. Menghaluskan

Masker kopi juga memiliki manfaat yang besar untuk membantu menghaluskan kulit wajah. Tentunya banyak wanita yang ingin kulit wajahnya menjadi selembut dan sehalus kulit bayi. Karena itu coba saja memakai perawatan masker kopi yang dicampur dengan berbagai bahan alami yang lainnya. Bisa dengan madu, lemon atau bahkan susu. Tentu kulit akan terasa halus selembut sutra dan terlihat muda kembali.

  1. Mencegah Jerawat

Wajah yang berjerawat tentu sangat menyusahkan. Selain rasanya sakit juga terlihat kurang cantik. Karena itu tak heran jika banyak yang ingin menghilangkan jerawat dari wajah yang cukup mengganggu ini. Jika tidak ingin memakai obat jerawat yang mengandung bahan kimia, bisa saja memakai bahan alami seperti masker kopi. Dijamin jerawat akan mereda dan tidak muncul lagi. Wajah jadi lebih halus serta sehat secara alami.

  1. Mengatasi Komedo

Manfaat memakai masker kopi selanjutnya termasuk membantu untuk mengatasi komedo. Memakai masker kopi secara rutin akan membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah. Secara otomatis, tentu hal ini akan membuat wajah lebih terhindar dari resiko masuknya kotoran ke pori-pori. Sehingga pori-pori wajah akan lebih bersih serta lebih minim dari timbulnya komedo. Karena itu jangan segan menggunakan masker kopi untuk mengangkat kotoran di wajah sekaligus sumbatan komedo yang mengganggu. Wajah akan terasa lebih lembut, sekaligus lebih bersih dan halus.

  1. Mengurangi Minyak

Menggunakan masker kopi juga membantu untuk mengurangi jumlah minyak di wajah. Sehingga perawatan yang satu ini juga cocok digunakan bagi yang bermasalah dengan wajah berminyak. Dengan pemakaian teratur, masker kopi dapat mengurangi produksi minyak di wajah. Setelah pemakaian selama beberapa saat, maka wajah akan terlihat lebih bersih dan tidak berkilau atau kusam karena minyak berlebih.

Cara Membuat Masker Kopi

Setelah tahu manfaatnya, pasti saat ini rasanya penasaran bagaimana cara paling mudah untuk membuat masker kopi. Nah, jika memang punya waktu luang, tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri. Meskipun saat ini juga banyak masker instan di pasaran yang memakai kopi sebagai bahan dasar. Namun bagaimanapun, buatan sendiri tentu lebih sehat dan alami tanpa memakai pengawet atau bahan kimia lainnya. Bagi yang memang ingin menerapkannya, simak cara membuat masker kopi yang cukup mudah berikut ini:

Cara Membuat Masker dengan Kopi Murni

Cara pertama yang paling mudah tentu memakai bahan ampas kopi murni. Caranya mudah saja, larutkan bubuk kopi pilihan dalam segelas air hangat. Sebaiknya jangan terlalu banyak air, bahkan lebih baik jika perbandingan bubuk kopi dan air 1:2 saja. Ini supaya campuran bubuk kopi agak mengental sehingga lebih mudah diaplikasikan di wajah.

Aduk hingga larut campuran air dan kopi. Kemudian mulai usapkan di atas kulit wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan beberapa saat, umumnya sekitar 30 menit akan memberikan hasil yang cukup maksimal. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat. Rasakan perbedaannya sesudahnya. Tentu kulit wajah terasa lebih halus, lembut dan super kenyal!

Cara Membuat Masker denganĀ Kopi dan Bahan Alami Lainnya

Selain memakai ampas kopi murni, bisa juga dengan mencampur kopi dengan beberapa bahan alami lainnya. Beberapa bahan popular yang biasa digunakan untuk masker wajah termasuk susu, yogurt, lemon, madu ataupun bengkuang. Pilih yang paling sesuai dengan keinginan serta kebutuhan kulit. Misalnya jika ingin kulit putih cerah alami, pakai saja masker kopi bercampur bengkuang. Caranya mudah saja, campur kopi dan jus bengkuang lalu aduk sampai rata. Usapkan di wajah dan tunggu hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Bila teratur digunakan, maka hanya dalam waktu beberapa minggu kulit putih cerah alami sudah tampak di depan mata!

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang manfaat masker kopi dan cara membuat masker tersebut. Tentunya jika banyak manfaat yang bisa didapat, tak salah jika memilih untuk membuat sendiri masker kopi yang alami. Gunakan saat santai di rumah atau saat liburan panjang. Tentu wajah akan terasa lebih segar serta akan terlihat hasil yang maksimal di kulit wajah. Dengan perawatan yang alami dan murah meriah, pastinya menyenangkan sekali jika ternyata hasilnya sangat optimal. Penasaran? Coba sendiri ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *