Beragam Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menjamurnya berbagai macam kedai kopi tak lain karena manfaat kopi yang makin dikenal masyarakat luas semakin hari. Tak jarang di sudut jalan dengan mudahnya kita temui berbagai macam kedai kopi. Mulai dari yang paling sederhana hingga kedai kopi terkenal dari luar negeri dengan deretan harga yang tidak murah untuk secangkir kopi.

Fenomena tersebut tentu menimbulkan beragam pertanyaan di benak banyak orang. Salah satunya yaitu mengapa kopi saat ini begitu viral? Padahal masih banyak pilihan minuman lainnya sepeti misalnya teh atau jus. Namun kopi seakan melekat di hati banyak orang, dan tak lengkap rasanya jika seharian tidak minum secangkir kopi.

Pusat kecantikan dan klinik-klinik favorit para kaum hawa bahkan juga memasukkan kopi sebagai salah satu perawatan yang popular. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, ada saja perawatan yang memakai kopi sebagai salah satu bahan dasarnya. Jika tidak ingin yang mahal, produk kecantikan yang mengandung kopi juga banyak, entah sampo, lulur, sabun, dan lain sebagainya. Sehingga bukan hanya saja menjadi minuman favorit, kopi malah juga sudah beralih menjadi produk favorit.

Oleh sebab itu bila merasa bertanya-tanya, apa saja yang membuat kopi mendadak fenomenal, sebaiknya simak artikel yang satu ini. Paling tidak dengan mengerti apa saja manfaatnya, tentu tidak canggung jika hendak ikut-ikutan memakai kopi untuk salah satu alternatif perawatan. Berikut penjelasan lengkap apa saja manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan. Terutama manfaatnya baik bagi tubuh, kulit, rambut dan wajah.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Bukan sesuatu hal yang baru bahwa sebenarnya kopi memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar orang hanya mengenal kulitnya saja, bahwa kopi mengandung kafein yang membuat orang bisa ketagihan atau menimbulkan berbagi masalah kesehatan. Namun seringkali orang melupakan manfaatnya untuk kesehatan. Padahal produk kesehatan kopi hijau misalnya, mulai dikenal orang dan terbukti berkhasiat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.

Karena itu sebaiknya jangan langsung berprasangka buruk. Berikut ini beberapa manfaat kopi untuk kesehatan tubuh jika diminum dengan porsi yang sesuai:

1.Meningkatkan Energi
Minum kopi dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi di pagi hari. Sehingga tak heran banyak orang yang memilih untuk sarapan secangkir kopi untuk mendapatkan energi dan tenaga yang lebih optimal. Pastikan saja untuk menghindari minum kopi saat perut kosong, supaya pencernaan tidak mengalami masalah lebih lanjut.

2.Membakar Lemak
Kopi merupakan salah satu cara alami untuk membakar lemak tubuh yang bandel. Jadi jika berharap supaya tubuh cepat kurus, cobalah untuk lebih rajin minum kopi setiap pagi. Tentu lemak akan hilang lebih cepat serta pencernaan juga akan lebih lancar. Pada beberapa orang cara ini berhasil untuk menurunkan dan menjaga berat badan supaya lebih ideal.

3.Menambah Stamina
Salah satu manfaat minum kopi juga termasuk dapat menambah stamina. Sehingga tak heran jika saat ini banyak sekali produk di pasaran yang mengandung kopi dan bahan lainnya seperti gingseng. Perpaduan yang tepa tantara kopi dengan bahan alami lainnya dapat membantu meningkatkan energi di pagi hari sehingga lebih bertenaga dalam melakukan aktivitas harian.

4.Mengurangi Berat Badan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minum kopi merupakan salah satu alternatif yang baik untuk menghilangkan lemak dari tubuh. Karena itu kopi juga dapat membantu menguruskan badan secara perlahan. Dengan minum kopi setiap hari secara teratur, maka berat badan dapat turun secara alami sehingga tubuh lebih langsing dan terlihat lebih menarik. Alasan ini pula yang membuat banyak klinik pelangsingan tubuh menggunakan kopi sebagai alternatif perawatan yang dapat dipilih.

5.Menambah Konsentrasi
Kopi mengandung kafein yang dapat berguna untuk menjaga ketahanan saraf dan menstimulasi saraf supaya bekerja lebih efektif dan optimal. Oleh sebab itu, minum kopi akan membantu saraf otak untuk bekerja menambah konsentrasi. Hal inilah yang membuat banyak orang terutama para pekerja lebih percaya kekuatan kopi di saat mereka mulai lelah namun sibuk dengan berbagai tumpukan pekerjaan kantor.

6.Meningkatkan Metabolisme
Minum kopi juga membantu meningkatkan metabolism tubuh menjadi lebih cepat. Sehingga perubahan atau konversi makanan dalam tubuh menjadi energi berjalan lebih optimal dan efisien. Hal ini juga bermanfaat untuk membantu peningkatan kadar oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh akan berkerja lebih optimal dan mencegah resiko kekurangan kadar oksigen dalam darah.

7.Mencegah Parkinson
Efek kafein dalam kopi yang meningkatkan stimulasi pada saraf dapat membantu otak untuk bekerja lebih optimal. Sehingga kopi sangat baik sebagai alternatif alami untuk mencegah penyakit Parkinson. Dimana penyakit ini menyerang kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan rajin minum kopi maka degradasi fungsi tubuh yang terjadi karena penyakit Parkinson dapat dihindari secara alami.

8.Mengurangi Depresi
Secangkir kopi juga ternyata dapat bermanfaat untuk menciptakan pikiran yang lebih jernih, tenang, konsentrasi dan fokus. Sehingga kopi juga salah satu alternatif yang banyak digunakan orang untuk mengatasi depresi. Terutama akibat beban pekerjaan yang menumpuk sehari-hari. Dengan secangkir kopi maka perasaan akan terasa lebih tenang, sehingga pikiran dapat bekerja lebih baik dalam mengeluarkan ide dan mengusir rasa stress yang cukup mengganggu setiap harinya.

9.Anti Radikal Bebas
Manfaat anti okasidan yang terkandung di dalam kopi juga membantu untuk menangkal efek dari radikal bebas di udara. Seperti yang kita ketahui bahwa polusi asap kendaraan merupakan sumber radikal bebas terbesar yang mengenai tubuh setiap hari. Dengan anti oksidan yang tinggi dalam kopi, maka efek tersebut dapat dihilangkan. Terutama efek buruknya pada tubuh dapat lebih diminimalisir.

10.Mencegah Kanker
Minum kopi juga merupakan salah satu cara efektif dalam mencegah timbulnya kanker di dalam tubuh. Namun, sekalipun dengan kandungan antioksidan di dalam kopi yang cukup tinggi, kemampuan kopi dalam mencegah kanker tentu butuh untuk diteliti lebih lanjut. Dengan penelitian yang lebih detail, diharapkan manfaat yang satu ini nantinya dapat dikembangkan dan berfungsi bagi generasi mendatang selanjutnya yang lebih beresiko mengalami kanker dari efek berbagai macam efek polutan yang ada.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Wajah

Tidak hanya memiliki segudang manfaat bagi tubuh, kopi juga baik untuk menjaga kecantikan. Lho? Apa iya bisa? Nah, heran kan. Supaya tidak heran, simak berikut ini beberapa manfaat menggunakan kopi sebagai salah satu bahan untuk mempercantik wajah.

1.Mengecilkan Pori-Pori
Masker kopi dapat bermanfaat maksimal untuk membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Karena itu jangan khawatir jika pori-pori tampak besar. Dengan memakai masker kopi secara teratur, maka pori-pori akan lebih kecil dan wajah terasa lebih halus.

2.Mencegah Jerawat
Kopi juga kaya akan anti oksidan yang dapat membantu mencegah jerawat untuk muncul. Karena itu rajin-rajin saja memakai masker kopi. Jika dikombinasikan dengan beberapa bahan alami lainnya, kopi akan berkhasiat besar membantu mengurangi peradangan akibat jerawat dan membuat wajah sehat kembali.

3.Mencerahkan
Manfaat menggunakan masker kopi yang cukup terkenal termasuk untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan alami dalam kopi dapat membantu mencerahkan pigmen kulit dari yang gelap hingga lebih sehat dan bersinar. Karena itu ada banyak pemutih wajah yang menggunakan kopi sabagai salah satu kandungannya.

4.Menghilangkan Komedo
Jika wajah kusam dan kotor sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir. Gunakan sabun scrub untuk wajah yang berbahan dasar kopi dan banyak terdapat di pasaran. Dengan pemakaian berkala, kopi akan membantu menghilangkan komedo serta sisa kotoran yang melekat di kulit wajah. Terutama akibat debu yang menempel di pori-pori wajah. Scrub kopi dapat membantu menghilangkan kotoran tersebut dan mengeluarkannya hingga wajah terasa bersih dan bebas dari kotoran.

5.Mencegah Keriput
Masker kopi juga paling ampuh untuk mencegah penuaan dini. Karena itu jika rajin menggunakannya, maka keriput ataupun garis halus di wajah dapat menghilang secara perlahan. Sehingga wajah dapat terihat lebih muda, serta terlihat lebih cantik dan segar.

6.Mengangkat Sel Kulit Mati
Scrub dari kopi juga dapat membantu mengangkat kotoran serta sel-sel kulit mati yang berada di wajah. Sehingga wajah akan terasa lebih kencang, halus dan segar. Selain itu, terangkatnya sel kulit mati akan membantu regenerasi kulit wajah yang lebih cepat. Terutama jika wajah usai mengalami jerawat. Kulit yang baru akan lebih mudah tumbuh untuk menggantikan kulit lama yang telah mati.

7.Mengurangi Minyak
Fungsi dari menggunakan masker kopi di wajah termasuk untuk membantu mengurangi sekresi minyak di wajah. Sehingga wajah terasa kering namun tetap lembap. Di samping itu, jika wajah mengeluarkan lebih sedikit minyak, maka resiko terbentuknya jerawat dan komedo otomatis juga akan lebih kecil.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut

Salah satu fakta menarik berikutnya yaitu bahwa ternyata kopi juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Bagi yang belum pernah merasakan, berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika menggunakan kopi sebagai sampo atau masker rambut.

1.Penyubur Rambut
Ada banyak berbagai macam masker rambut berbahan dasar kopi. Hal ini tidak mengejutkan, karena kopi pada dasarnya merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu menyuburkan rambut. Sehingga rambut akan tumbuh lebih sehat dan lebih kuat. Karena itu banyak sekali tawaran perawatan masker rambut di salon ternama yang menggunakan kopi sebagai salah satu pilihannya.

2.Mencegah Kerontokan
Kopi juga dapat bermanfaat untuk mencegah rambut rontok. Tentu ini adalah hal yang seringkali mengganggu pikiran para wanita. Terutama saat menyusui, biasanya ibu yang baru melahirkan mudah sekali mengalami kerontokan rambut yang parah. Nah, jika ingin mengatasi hal ini sebaiknya coba saja memakai sampo dan masker rambut kopi. Tentu rambut rontok akan berkurang setelah beberapa kali pemakaian.

3.Menghitamkan Rambut
Manfaat yang satu ini tentu sudah banyak dikenal orang sejak lama. Warna hitam lekat kopi ternyata juga dapat membantu menghitamkan rambut yang berwarna kemerahan atau kecoklatan. Karena itu jika ingin memakai pewarna rambut yang alami, coba saja gunakan masker rambut kopi sebagai alternatifnya. Dengan pemakaian teratur, maka rambut akan terlihat lebih legam dan sehat bercahaya.

4.Menjaga Kelembapan
Kopi juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit kepala. Karena itu beberapa salon perawatan menawarkan creambath kopi yang istimewa bercampur dengan alpukat ataupun ginseng. Perpaduan bahan-bahan alami ini dapat bermanfaat menjaga kesehatan rambut sekaligus menjaga kelembapan yang alami pada daerah kulit kepala. Sehingga kulit kepala tidak mudah kering dan tidak mudah beresiko timbul ketombe.

5.Mencegah Rambut Patah
Bila memiliki rambut yang rapuh dan gampang patah, cobalah memakai kopi sebagai salah satu solusinya. Jika digunakan secara teratur, maka masker kopi untuk rambut akan memberi manfaat penuh menjaga kekuatan rambut. Sehingga rambut tidak mudah patah ataupun rontok.

6.Mempertebal Rambut
Jangan khawatir jika rambut terasa makin tipis. Cobalah perawatan rambut dengan menggunakan kopi. Tentu setelahnya rambut akan terasa lebih tebal dan lebat. Sehingga rambut tampak lebih indah mengembang dan sehat luar biasa.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Kulit

Berikutnya, tak disangka kopi juga memiliki manfaat untuk menjaga kulit supaya tetap sehat dan cantik. Tentu beberapa orang masih belum setuju dengan pernyataan ini. Karena itu, sempatkan sedikit waktu untuk membaca beberapa manfaat kopi untuk kecantikan kulit berikut ini.

1.Melembapkan Kulit
Memakai lulur kopi dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Hal ini sangat penting supaya kulit tidak kering dan mudah bersisik. Karena itu cobalah memakai lulur kopi secara berkala. Tentu hasilnya akan terlihat setelah beberapa kali pemakaian.

2.Mencerahkan
Kopi juga dapat membantu mencerahkan warna kulit. Karena itu tidak perlu khawatir jika kulit tubuh makin gelap akibat sengatan sinar matahari. Dengan memakai lulur dan sabun kopi secara teratur, warna kulit akan kembali cerah secara alami. Tak heran jika produk-produk yang demikian sangat laris di pasaran. Bahkan banyak kosmetik ternama pencerah kulit memakai kopi sebagai salah satu bahan dasarnya.

3.Mencegah Dehidrasi
Kopi juga dapat membantu kulit terhindar dari resiko dehidrasi. Kandungan mineralnya kan membuat kulit tetap lembap dan aman dari resiko kulit bersisik.

4.Menjaga Kekenyalan
Dengan memakai lotion atau sabun dari bahan kopi, maka kulit akan lebih kenyal dan sehat. Selain itu kulit akan terasa lebih lembut dan tampak lebih muda.

5.Mengurangi Selulit
Salah satu manfaat menggunakan kopi sebagai bahan perawatan kulit tubuh termasuk untuk membantu mengurangi dan menyamarkan selulit. Ini adalah perawatan yang paling diminati oleh wanita. Ada banyak produk kecantikan kulit yang mengandung kopi untuk membantu menyamarkan permukaan kulit yang penuh selulit sehingga tampak lebih halus dan rata.

6.Menghaluskan
Kopi juga dapat membantu menghaluskan permukaan kulit. Dengan pemakaian teratur, maka kulit akan terasa lembut, halus dan terasa licin seperti sutra. Karena itu, tak heran jika banyak wanita menyukai memakai pelembab dan scrub kulit dari kopi.

Itulah beberapa manfaat kopi yang ternyata masih banyak yang belum diketahui oleh orang. Sehingga wajar saja jika tidak semua orang awam atau selain pecinta kopi mengenal jenis-jenis manfaat tersebut. Kebanyakan tentu berpikir sama saja antara satu kopi dengan yang lain. Apalagi jika hendak melakukan perawatan memakai kopi, pastinya kebanyakan wanita pasrah saja dengan jenis kopi yang dipakai.

Padahal citarasa dan manfaat kopi bisa saja berbeda. Tergantung cara pengolahan dan prosesnya terutama tujuan kegunaannya. Nah, jika merasa sudah puas dengan keterangan di artikel ini, selamat menikmati kopinya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *