Cara Mengirim Barang Lewat Cargo Pesawat dengan Mudah

By | November 16, 2020
cara kirim barang lewat cargo pesawat

Dengan pertumbuhan e-commerce yang pesat sejumlah bisnis, baik kecil maupun besar membutuhkan transportasi jasa pengiriman barang. Pengiriman paling umum adalah lewat darat, tapi ada juga yang diangkut dengan kapal dan pesawat. Bagaimana cara mengirim barang lewat cargo pesawat?

Cara Mengirim Barang Lewat Cargo

Dalam ilmu ekonomi, kata kargo secara khusus merujuk pada barang atau produk yang diangkut dari satu tempat ke tempat lain lewat jalur udara, air, atau darat. Pengiriman lewat darat sepertinya sudah sangat sering ya, dan hampir semua orang sudah paham bagaimana cara dan prosesnya.

Namun untuk pengiriman lewat cargo pesawat, caranya sedikit berbeda. Plus, ada beberapa catatan penting yang perlu ingat, yaitu:

1. Pastikan Barang Anda Siap Dikirim dengan Pesawat

Pertama dan terpenting, Anda harus menganalisis seberapa amankah barang ketika dikirim dengan pesawat. Hal ini terutama berlaku untuk barang yang mudah rusak atau pecah, seperti cermin, gelas, piring, atau mungkin tanaman hidup dan produk cair.

Barang yang dikirim haruslah tahan banting dan benar-benar siap untuk segala keadaan. Pasalnya, di sepanjang perjalanan nanti, barang Anda akan dikirim bersama dengan berbagai barang lain dan bisa ditempatkan di samping, di atas, atau bahkan di bawah barang lainnya.

Jika barang Anda dikirim dengan pesawat, pastikan barang tersebut dapat mengalami kemiringan dan tahan terhadap getaran atau guncangan. Hal ini akan terjadi terutama selama pesawat lepas landas dan mendarat.

2. Kemas Barang dengan Cara yang Benar

Lebih dari sekedar memastikan bahwa barang-barang telah dikemas dan diberi alamat yang jelas, kemasan juga harus siap untuk dilempar, digeser, dan ditumpuk.

Jika Anda mengirim barang ke luar pulau, yang membutuhkan waktu perjalanan lebih lama, keluarkan sedikit uang lebih untuk membeli box tebal sebagai kemasan paket. Perlindungan tambahan jenis ini bisa memastikan bahwa lebih dari 90% barang di dalam paket aman dari kerusakan.

Anda juga dapat mempertimbangkan metode pengemasan box-in-box, yaitu kotak yang berisi barang-barang dikemas lagi di dalam kotak yang lebih besar. Jika barang-barang Anda mudah rusak saat ditumpuk atau tidak boleh dilempar, berikan label peringatan di bagian luar kemasan.

Hal tersebut untuk memberitahu kurir bahwa barang harus ditangani dengan khusus. Jika Anda mengirim barang elektronik (misalnya TV layar datar, laptop, atau PC), lapisi kemasan dengan pallet kayu dan tambahkan styrofoam di bagian dalam.

Cara ini akan meningkatkan keamanan struktural dari barang-barang Anda dan membuatnya dipersiapkan dengan baik untuk pengiriman jarak jauh. Jika ingin lebih aman lagi, pastikan untuk membeli asuransi pengiriman.

Satu hal lagi, pastikan bahwa tepi kotak ditempel dengan solasi berkualitas tinggi menggunakan metode H-tapping. Karena sekokoh apapun kotak pengemasan Anda, jika selotipnya murah dan mudah lepas, kemasan akan mudah terbuka dan kurang perlindungan selama transit.

3. Selalu Gunakan Bubble Wrap

Jangan pernah meremehkan pengemasan internal, atau yang biasa disebut bubble wrap. Menggunakan bubble wrap adalah cara yang bagus untuk mengisi ruang kosong di dalam kotak paket. Dengan begitu, saat terjadi guncangan (misalnya karena digeser atau dilempar), barang di dalam kotak akan tetap aman.

Tidak peduli seberapa kuat kotak Anda, jika memasukkan barang-barang kecil dan/atau rapuh ke dalamnya tanpa mengisi ruang di sekitarnya, Anda secara masif meningkatkan kemungkinan kerusakan. Hal ini terutama terjadi jika barang dalam perjalanan jarak jauh atau ditangani oleh banyak kurir.

4. Periksa Berat Maksimal Barang Anda

Menimbang barang Anda dan memastikan Anda memilih paket kemasan yang sesuai dengan berat dan ukuran barang Anda sangatlah penting. Memilih kotak atau palet kayu yang tidak dapat menahan berat barang akan membuat kemasan rusak, dan kemungkinan besar terjadi kecelakaan saat barang dibawa.

Hal ini penting terutama jika Anda ingin mengirim paket besar atau berat. Pasalnya, dengan beratnya tersebut, memerlukan kotak atau peti kayu dan pelindung. Hal tersebut berfungsi untuk menangani barang yang lebih berat, agar barang dapat berpindah dari A ke B tanpa kerusakan.

5. Pilih Fungsionalitas daripada Penampilan

Ada banyak pilihan pengepakan yang memprioritaskan tampilan dari pada perlindungan. Meskipun penerima mungkin lebih menyukai pengemasan semacam ini, tapi jangan lupakan fungsionalitas.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan yang lebih berornamen atau lebih menarik, pastikan juga bahwa kemasan tersebut berfungsi melindungi item yang ada di dalamnya. Jika dirasa kurang aman, Anda bisa mengemas lagi menggunakan box kedua.

6. Antarkan Paket ke Jasa Pengiriman yang Tepat

Setelah memastikan bahwa barang dikemas dengan sangat aman, sekarang saatnya mengantarkan barang ke jasa pengiriman. Namun jangan asal memilih, jasa pengiriman yang Anda gunakan haruslah bisa menjamin keamanan barang dan menyediakan asuransi pengiriman.

Jasa pengiriman yang profesional juga akan membantu Anda mengantarkan barang ke kantor bagian cargo dan mengurus surat-surat serta semua prosesnya, jadi Anda cukup terima beres saja. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan jasakirim.id.

Jasakirim.id telah banyak membantu orang orang yang mau mengirimkan barang lewat pesawat namun enggan mengurusi surat suratnya. Contoh layanan pengiriman barang di jasakirim.id untuk ke luar pulau adalah Jasa Ekspedisi Surabaya Makassar.

Biaya pengiriman di tempat ini termasuk murah dan bahkan ada harga istimewa untuk barang dengan berat minimal 500 kg per titik pengiriman.

Jasa kirim ini juga sudah berpengalaman dalam menangani ekspedisi ke berbagai kota dan provinsi di Indonesia, sehingga pelayanan dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

7. Tracking

Mirip dengan pengiriman barang lewat darat, pengiriman dengan jalur udara juga bisa Anda tracking secara online. Anda bisa memantaunya dengan menggunakan air waybill (surat muatan udara) yang didapatkan jasa pengiriman setelah barang diantarkan ke kantor bagian cargo.

Bagi sebagian orang, cara mengirim barang lewat cargo pesawat mungkin tampak membingungkan atau bahkan ribet. Namun jangan khawatir, dengan jasa pengiriman yang tepat, semua prosesnya bisa ditangani dengan cepat dan tanpa masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *